Wednesday, January 22, 2014

Situs Candi Solok Sipin

Situs Candi Solok Sipin terletak di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Legok, Kota Jambi, Provinsi Jambi. Situs ini berasal dari periode klasik Hindu - Budha, didalam situs saat ini hanya tinggal puing-puing berupa pondasi batu bata bangunan Candi Solok Sipin.


Pada Candi Solok Sipin ini juga terdapat Archa Budha yang terbuat dari batu pasiran (Sand Stone) setinggi 1,72 meter yang di gambarkan dalam posisi berdiri memakai jubah. Kemudian di situs ini juga di temukan 2 buah makara, lapik dan stupa. baik archa maupun makara saat ini tersimpan di Museum Nasional Jakarta, sedangkan lapik dan stupa tersimpan di Museum Negeri Jambi.


Riwayat penemuan dimulai dari catatan orang Belanda yang pernah datang ke Jambi, sedangkan riwayat pembangunan Candi Solok Sipin tidak bisa diketahui dengan pasti, belum ada penelitian yang mendalam tentang  keberadaan situs candi ini. Pada Archa Budha terdapat tulisan " Dang Acharrya Syuta ", berdasarkan tulisan itu dapat diperkirakan archa berasal dari abadi ke 8 M dan salah satu makara yang ditemukan memiliki angka Tahun 1064 M.


Sayang, baik lokasi situs maupun percandian ini sudah semakin terhimpit oleh pemukiman penduduk dan hanya beberapa bagian saja yang dapat diselamatkan. Lokasi yang berada di pemukiman padat penduduk ini sangat menyulitkan dalam mengidentifikasi struktur batu bata yang terdapat di Legok. Bahkan diatas gundukan tanah yang didalamnya terdapat reruntuhan candi itupun telah berdiri beberapa rumah penduduk.

No comments:

Post a Comment